Pengembangan Model Latihan Passing dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 11 Tahun di Sekolah Sepakbola Jaguar Kabupaten Malang

SKRIPSI

Santoso, Tubagus Ragil. 2009. Pengembangan Model Latihan Passing dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 11 Tahun di Sekolah Sepakbola Jaguar Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. MuÔÇÖarifin M.Pd. (II) I Nengah Sudjana S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: pengembangan, model latihan, passing dalam permainan sepakbola

Passing adalah salah satu ketrampilan individu dalam permainan sepakbola dengan tujuan untuk mengoper atau memberikan umpan kepada teman. Langkah perbuatan yang dimaksud berupa melakukan sebuah tendangan sederhana dengan jarak yang relatif pendek dengan tingkat ketepatan yang tinggi. Passing merupakan salah satu komponen penting dalam sepakbola yang harus dilatihkan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas permainan individu. Kenyataan yang ada di lapangan khususnya pada Sekolah Sepakbola Jaguar Kabupaten Malang, model latihan passing masih belum mendapatkan perhatian secara khusus, sehingga diperlukan model-model latihan pasing yang terprogram. Untuk itu peneliti akan mengembangkan model latihan passing dalam permainan sepakbola yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan oleh pelatih dalam memerikan materi latihan passing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan passing dalam permainan sepakbola Untuk Usia 11 Tahun di Sekolah Sepakbola Jaguar Kabupaten Malang yang dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan latihan passing.
Prosedur pengembangan model latihan passing dalam permainan sepakbola melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) penentuan ide-ide, (2) penulisan naskah media (produk), di dalamnya berisi sketsa-sketsa model-model latihan shooting, (3) evaluasi produk, (4) revisi produk I, (5) produksi prototipe, dengan memberikan model latihan passing pada kelompok kecil maupun kelompok besar, (6) uji coba prototipe, dengan mengujicobakan hasil revisi produk I, (7) revisi produk II, (8) reproduksi, penyempurnaan produk untuk menuju produk akhir yang diharapkan pada pengembangan.
Lokasi penelitian dilakukan di lapangan sepakbola Desa Kendalpayak Kec. Pakisaji, Kab Malang. Subyek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli, terdiri dari 3 orang ahli yaitu 2 ahli Sepakbola dan 1 ahli Kepelatihan (2) uji coba kelompok kecil adalah menggunakan 10 orang pemain sepakbola Sekolah Sepakbola Jaguar Kabupaten Malang yang diambil secara random sampling, dan (3) uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan yang terdiri dari 21 orang pemain Sekolah Sepakbola jaguar Kabupaten Malang.
Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, pengembangan model latihan passing dalam permainan sepakbola pada pemain sepakbola usia 11 tahun di Sekolah Sepakbola Jaguar Kabupaten Malang dapat digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada persatuan sepakbola yang ada di sekitar tempat pengembangan produk, peneliti sendiri dan peneliti lain untuk dikembangkan ke arah lebih lanjut.

unduh:
DOC | PPT | PDF | PS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *