SKRIPSI

Septa Indrawanto, Sendika. 2010. Survei Tentang Manajemen Stadion Gajayana Di Kota Malang (Studi Tentang Manajemen Stadion Gajayana Di Kota Malang) . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini. M.Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto. S. Pd. M. Pd

Kata kunci:Manajemen Stadion

Olahraga merupakan aktivitas gerak yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain dapat menjaga kebugaran jasmani, dengan olahraga bisa juga menjaga kesehatan tubuh. Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tetapi akan lebih baik apabila aktivitas olahraga dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang sesuai dan sudah tersedia. Melakukan aktivitas olahraga membutuhkan fasilitas, sarana, dan prasarana.
Stadion merupakan salah satu sarana dan prasarana untuk melakukan kegiatan keolahragaan. Sebuah stadion yang baik selalu dikelola secara baik juga. Mulai dari kepengurusan, perawatan,sampai manajemen yang ada di dalamnya. Selama ini kita hanya tahu bahwa stadion digunakan untuk pertandingan sepakbola saja tetapi kita tidak tahu bagaimana cara pengelolaan, perawatan dan manajemen dari stadion tersebut. Sebuah stadion selalu memiliki pihak pengelola sebagai penanggung jawab. Dalam hal ini pihak-pihak yang menjadi penanggungjawab haruslah mengerti tentang manajemen olahraga karena stadion adalah sarana untuk masyarakat sekitar melakukan segala aktivitas olahraga. Pada umumnya bentuk stadion adalah simetris, hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan pemandangan yang sama dan kemudahan pencapaian fasilitas penunjang dari segala posisi. Unsur-unsur yang biasanya simetris adalah posisi kursi, bentuk atap, koridor diantara bangku penonton, letak toilet, dan lain-lain.Stadion adalah suatu struktur gedung yang besar dari segi skala manusia. Biasanya pengunjung akan merasa kesulitan memahami ujung dan pangkalnya di karenakan pola-pola yang simetris dan ukuran masa bangunan yang raksasa. Untuk itu perlu dibuat suatu titik acuan atau fokus orientasi yang bisa menjadi patokan arah dan membimbing sirkulasi pengunjung. Filosofi penampilan dan gaya sebuah stadion penting untuk dipertimbangkan. Beberapa aspek penting seperti budaya lokal, representsi pemilik klub tertentu dan lain-lain perlu untuk digali dan memberi makna sebuah stadion. Hal tersebut akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengenang dan mengenali stadion tertentu.(http://arsitektur-data.blogspot.com/2008/03/desain-stadion.html), diakses 21 april 2010.
Menurut Hasibuan (2004:1) ÔÇ£manajemen merupakan ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentuÔÇØ. Menurut Handoko (2003:8) ÔÇ£Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan pengguna sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkanÔÇØ. Sedangkan menurut Harsuki (2003:117) ÔÇ£manajemen olahraga adalah perpaduan antara ilmu manajemen dan ilmu olahraga yang mengelola kegiatan olahraga secara bersama dan melalui orang lainÔÇØ. Manajemen itu sendiri merupakan proses yang universal sifatnya di segala bidang aspek kehidupan. Tidak hanya terbatas pada dunia usaha saja. Manajemen merupakan dasar beroperasinya segala kegiatan di dalam kehidupan manusia yang semakin kompleks. Secara tradisional manajemen itu dipandang sebagai proses untuk mencapai tujuan organisasi. Sesuai dengan pernyataan tersebut tujuan manajemen hanya dicapai secara efektif jika direncanakan, dikoordinasikan dan diawasi.
Penelitian ini adalah tentang ÔÇØsurvei tentang manajemen stadion Gajayana di kota Malang ÔÇØ. Permasalahannya adalah bagaimana manajemen di stadion Gajayana kota Malang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen stadion Gajayana di Kota Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan berdasarkan panduan wawancara yang telah dibuat untuk mengetahui kegiatan manajemen yang ada di stadion Gajayana kota Malang. Dokumentasi penelitian ini berisi tentang kegiatan-kegiatan perawatan dan bagian-bagian dari stadion Gajayana kota Malang
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen stadion Gajayana dilakukan oleh badan pemerintahan yang bergerak di bidang keolahragaan. Dalam kegiatan manajemen stadion Gajayana meliputi perawatan dan pemeliharaan stadion yang memerlukan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut dapat terpenuhi dari anggaran pemerintah daerah untuk anggaran stadon Gajayana sebesar tujuh puluh juta pertahun. Sejak tahun 2005 stadion Gajayana sudah termasuk kategori stadion berstandart Internasional. Peran aktif masyarakat khususnya penonton dan suporter dalam menjaga dan ikut memelihara stadion sangat di butuhkan agar stadion tetap dalam kondisi yang baik.

unduh:
DOC | PPT | PDF | PS

Translate »