Pengaruh Latihan Kombinasi Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Pada kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di SMPN 10 Malang

SKRIPSI

Wicaksana, Rizqi Darmawan. 2010. Pengaruh Latihan Kombinasi Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Pada kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di SMPN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. MuÔÇÖarifin, M. Pd. (II) Drs. H. Mahmud Yunus, M. Kes.

Kata kunci:Program Latihan, Latihan kombinasi Kecepatan dan Kelincahan, Keterampilan Menggiring Bola.
Para Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola masih balum di berikan latihan kecepatan dan kelincahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kecepatan dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang.

Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian ÔÇ£One-Group Pretest-Posttest DesignÔÇØ. Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental sungguhan. Rancangan eksperimental sungguhan ini digunakan dengan cara melibatkan kelompoak kontrol di samping kelompok eksperimental. Pada penelitian ini siswa melakukan tes awal yang di sebut dengan pretest setelah itu siswa di berikan perlakuan berupa program latihan kombinasi kecepatan dan kelincahan, setelah itu siswa melakukan tes akhir (Posttest).

Hasil analisis uji-t untuk menggiring bola adalah sebesar t 20,764 dengan nilai probabilitas 0,00< ╬▒=0.01. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan latihan kombinasi kecepatan dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang. Dengan kata lain banwa H0 menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan latihan kombinasi kecepatan dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang adalah ditolak. Sedangkan H1 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan kombinasi kecepatan dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam program latihan kombinasi kecepatan dan kelincahan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang.

Saran dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam pembuatan program latihan oleh pelatih dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang, guna untuk meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola.

unduh:
DOC | PPT | PDF | PS

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *