Untuk pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar di FIK, saat ini telah didukung oleh sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Sarana meliputi perlengkapan atau peralatan laboratorium (equipment) dan alat-alat olahraga (supllies).

Prasarana adalah fasilitas yang meliputi stadion olahraga, lapangan-lapangan permainan, kolam renang, gedung-gedung olahraga (sport hall), ruang senam, ruang beladiri. Tidak hanya kuantitas tetapi juga kualitas dan macamnya harus diperhatikan dalam penyediaan dan pengadaan sarana prasarana sesuai dengan prioritas kebutuhan, minat dan penggunaan. Kuantitas yang dimaksud adalah terpenuhinya rasio antara jumlah fasilitas olahraga dengan mahasiswa.

Kualitas yang dimaksud adalah terpenuhinya persyaratan ukuran standar dan materi sesuai dengan peraturan-peraturan permainan setiap cabang olahraga. Demikian juga dengan sarana dan prasarana perkuliahan di dalam kelas.

Selain itu FIK memiliki Laboratorium Ilmu Keolahragaan yang berfungsi bagi tenaga pengajar dan mahasiswa sebagai penunjang dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendidikan dan pengajaran dengan menggunakan sarana/prasarana yang diperlukan.
Selain itu, di bawah koordinasi Kepala Laboratorium juga dibentuk:

  1. Koordinator Fitness Center, yang memberikan layanan kepada masyarakat berupa kegiatan latihan senam aerobik dan peningkatan kebugaran jasmani;
  2. Koordinator Masase Olahraga;
  3. Koordinator Kajian Ilmiah/Jurnal, sebagai sarana pengembangan ilmu, yaitu dengan menyelenggarakan seminar tentang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, penataran dan penelitian, penerbitan Jurnal Pendidikan Jasmani dan Sports Science; serta
  4. Koordinator Sekolah-sekolah Cabang Olahraga, yang saat ini baru memberikan layanan kepada masyarakat berupa kegiatan latihan sepakbola (SSB).
Translate »