Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)

Visi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) jenjang S1 adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan tenaga profesional bidang kepelatihan yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang ilmu dan profesi kepelatihan olahraga, pendidikan jasmani, seni gerak olahraga yang dilandasi oleh nilai-nilai ilmiah, religiusitas, edukatif dan profesional.

Misi yang diemban Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) jenjang S1 dapat dipaparkan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang pendidikan kepelatihan olahraga di sekolah/perguruan tinggi maupun masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai ilmiah, religiusitas, edukatif dan professional, sehingga memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya-karya ilmiah akademik yang unggul dalam bidang ilmu pendidikan dan kepelatihan olahraga.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan kepelatihan olahraga.
  4. Menjalin kerjasama untuk membangun dan mengokohkan jejaring dan kemitraan dengan pihak-pihak terkait pada tingkat nasional, regional dan internasional untuk mendukung dan meningkatkan pembangunan olahraga serta meningkatkan kualitas kinerja dan lulusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
  5. Memberdayakan alumni dalam upaya meningkatkan kualitas peran dan citra pendidikan kepelatihan olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang serta mendukung dan meningkatkan pembangunan olahraga di Indonesia.
  6. Mengembangkan kelembagaan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) yang sehat dengan menerapkan manajemen korporasi, akreditasi, penjaminan mutu, dan evaluasi diri secara berkesinambungan dengan prinsip partisipatori otonomi, transparansi dan akutabilitas.
  7. Mempelopori dan memasyarakatkan penerapan IPTEK dalam bidang pendidikan dan kepelatihan olahraga dalam upaya peningkatan pendidikan dan prestasi olahraga di Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanusiaan.

 

TUJUAN JURUSAN PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA (PKO) FIK-UM

  1. Terhadap Institusi Unuversitas Negeri Malang dan Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) FIK
    1. Menjadi perguruan tinggi yang unggul yang peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni khususnya melalui bidang pendidikan dan kepelatihan olahraga.
    2. Berpartisispasi dalam perwujudan misi Universitas Negeri Malang dalam pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat khususnya dalam pendidikan dan pengajaran kepelatihan olahraga;
    3. Turut meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing Universitas Negeri Malang melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dan pengabdian masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dan kepelatihan olahraga.
    4. Menghasilkan sumberdaya yang berkualitas di bidang pendidikan kepelatihan olahraga yang berlandaskan nilai-nilai ilmiah, religiusitas, edukatif dan professional, sehingga memiliki daya saing ditingkat lokal, nasional, dan internasional.
  2. Terhadap perkembangan olahraga:
    1. Menyediakan sumberdaya yang berkualitas di bidang pendidikan kepelatihan olahraga yang mendukung dan meningkatkan pelaksanaan pembangunan olahraga di Indonesia.
    2. Memberikan dasar pembinaan olahraga berdasarkan kaidah ilmiah dan edukatif yang tidak hanya menghasilkan pelatih berorientasi prestasi namun juga berorientasi pendidikan untuk meningkatkan sumberdaya manusia Indonesia.
    3. Menyumbangkan karya-karya penelitian ilmiah akademik yang dapat diimplementasikan untuk kemajuan ilmu pendidikan dan kepelatihan olahraga dalam upaya peningkatan pendidikan dan prestasi olahraga di Indonesia.
    4. Melakukan mediasi kerjasama dalam bidang Pendidikan dan kepelatihan olahraga untuk mengokohkan jejaring, meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan pihak-pihak terkait dalam upaya peningkatan pendidikan dan prestasi olahraga di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *