Pelatihan Pengelolaan Jurnal

Published by admin on


Untuk mempublikasikan karya ilmiah penulis berupa artikel, baik mahasiswa maupun dosen yang ada dilingkungan Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, maka perlu diwadahi dengan jurnal yang berkualitas dan dapat selalu diakses oleh khalayak umum. Untuk itu FIK-UM pada hari jum’at tanggal 28 Juni 2019, pada pukul 08.00 WIB mengundang narasumber dari Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi Bimbingan Konseling yaitu Eko Pramodia, S.Pd beliau merupakan pengelola jurnal “Kajian Bimbingan dan Konseling (JKBK)”, yang dapat diakses diwebsite journal2.um.ac.id. Beliau memberikan strategi dan masukan untuk mengelola jurnal yang baik sehingga dapat menuju jurnal yang terakreditasi sinta.
Sebelum kegiatan dimulai, Dekan FIK-UM Dr. Sapto Adi, M.Kes membuka acara dengan menyampaikan bahwa pengelola jurnal yang ada di prodi harus aktif untuk selalu meng-update, sehingga karya ilmiah berupa artikel dapat selalu ter-pubhlish secara online. Di FIK ada 4 jurnal yang diterbitkan secara online antara lain: Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia (Prodi PJK), Indonesia Performance Jurnal (Prodi PKO), Jurnal Preventia (Prodi IKM), Jurnal Sport Science (Prodi IK). Diharapkan masing-masing jurnal tersebut dapat naik level menuju jurnal yang terakreditasi sinta. Dan dapat disitasi atau dirujuk oleh penulis lain.
Sedangkan peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah para Kaprodi, Sekprodi, kepala laboratorium prodi, dosen pengelola jurnal, dan tenaga kependidikan sebagai pengelola jurnal. Peserta cukup antusias, dengan banyak berdiskusi untuk mendapat masukan dan saran yang bersifat membangun sebagai perbaikan jurnal online yang ada di FIK, sehingga jurnal tersebut lebih baik lagi.

Categories: berita