Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM) kembali melaksanakan kegiatan Student Inbound Mobility bersama Fakultas Sains Sukan dan Rekreasi Universiti Teknologi MARA (FSR UiTM) Shah Alam, Malaysia. Ini merupakan kali kedua UiTM Malaysia datang ke FIK UM, sebelumnya UM dan UiTM pernah melakukan Student Inbound Mobility di tahun 2023. Peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa dari FIK UM dan FSR UiTM Malaysia, serta dosen dari UiTM Malaysia.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 4-11 Januari 2024 yang bertempat di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, dan Sekitarnya. Selain adanya kegiatan Guest Lecture, Campus Tour, terdapat juga kegiatan lainnya seperti Traditional Games Competition, Mini Sports Project, City Tour and Cultural Exchange serta kegiatan menarik lainnya.

Kegiatan pertama adalah pembukaan yang dilaksanakan di Lantai 7 Fakultas Ilmu Keolahragaan pada tanggal 5 Januari 2024. Setelah kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan Guest Lecture dan Mini Liga Sukan dan Bola Tampar yang dimainkan antar mahasiswa UM dan UiTM.

Kegiatan guest lecture atau kuliah tamu diselenggarakan padatanggal 5, 8, 9, dan 10 Januari 2024 di 4 departemen di FIK, yaitu Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Departemen Ilmu Keolahragaan, dan Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pembicaranya yaitu Dr. Cassendra Gilbert dan Muhammad Farid Hilmi Bin Aidit dari UiTM Malaysia.

Selain itu, mahasiswa UiTM dan UM melakukan city tour keberbagai tempat, seperti memutari Kota Malang menggunakan Macito, mengunjungi Museum Angkut, coban talun dan Bromo. Kemudian pada tanggal 10 Januari 2024 diisi dengan kegiatan Guest Lecture, taklimak dan Corporate social responsibility (CSR) bersama SLB Autis Laboratorium UM, serta puncak acara yakni Culture Night and Gala Dinner.

Acara Culture Night and Gala Dinner ini dibuka dengan penuh semangat oleh Dekan FIK UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes. Dalam sambutannya, Dr. Sapto Adi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyelenggarakan acara ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan serangkaian penampilan budaya dari mahasiswa UiTM Malaysia, yang memukau para tamu undangan dengan keindahan tarian tradisional, musik, dan pameran seni. Para mahasiswa UiTM dengan bangga mempresentasikan kekayaan budaya Malaysia yang memukau para hadirin.

Setelah terselenggaranya kegiatan Student Inbound Mobility selama 8 hari ini, harapannya dapat menjalin Kerjasama yang lebih erat antara UM dan UiTM di berbagai sektor, baik dalam peningkatan mutu pendidikan, budaya, teknologi, penelitian, dan pengabdian kepada Masyarakat.

Translate »